Motor Tenaga Surya Manfaatkan Panas Matahari

0

Motor Tenaga Surya Manfaatkan Panas Matahari

 
 Perlu ada kendaraan bersumber energi alternatif dan terbarukan
Motor tenaga listrik bisa dibangkitkan dari panas matahari. Pernah diulas MOTOR Plus. Dikasih nama motor tenaga surya. Digarap Akhmad Al Fattah, mahasiswa Diploma Teknik Mesin Fakultas Teknik UGM sebagai tugas akhir (TA).

Bahan dasar motor listrik E-Moto VIP. Secara teknis, motor listrik garapan Akhmad dipasok dua suplai pengisian aki. Kondisi standar, dari lisrik PLN dengan waktu isi 8 jam. Lantas dikembangkan pakai solar cell atau tenaga surya.

"Aplikasi solar cell bertujuan menurunkan biaya operasional. Serta memudahkan pengisian baterai di mana saja, di tempat yang disinari matahari," ujar Ir. Andreas Surjaka ST, dosen pembimbing tugas akhir Akhmad.

Dari pengaplikasian solar cell 50 WP, baterai bisa penuh perlu waktu isi 37,7 jam. Dalam pengujian selama 4 jam, solar cell mampu isi baterai sebanyak 10,61%, itu dari 4 baterai yang disusun seri dengan spesifikasi 12V/24 AH.

Tenaga surya dapat mengubah cahaya matahari jadi listrik langsung. Lalu dari tenaga surya, energi listrik diatur pengganda tegangan atau voltage multiplier, Bertugas menaikkan atau menurunkan.

Jika tegangan naik, arus akan menurun dan sebaliknya. Sehingga peranti mampu menjaga beban agar konstan dan tegangan input stabil.

Agar arus listrik masuk sesuai kebutuhan, diperlukan charger controller. Pada waktu solar panel dapat energi matahari, charger controller ini akan otomatis bekerja mengisi aki serta menjaga tegangan tetap stabil.

Bila pakai aki 12 volt, rangkaian ini akan menjaga agar tegangan charger 12 ± 10% volt. Bila mencapai tegangan itu, rangkaian akan menghentikan proses pengisian aki.

Bila tegangan aki turun hingga 11 volt, controller mengatur agar kembai mengisi. Secara fungsi, controller menjaga aki tidak over charger atau under charger.

Setelah full aki bisa dipakai memutar dinamo DC brushless yang dipasang di roda. Saat diuji, motor ini mampu dipacu hingga 20~40 km/jam dengan jarak 65 km dengan kondisi aki full setelah dicharge 8 jam tanpa boncenger.     (motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar